Perkara yang Dimakruhkan yang wajib dan boleh
PERKARA YANG DIMAKRUHKAN BAGI ORANG YANG PUASA YANG WAJIB DAN BOLEH
Dimakruhkan bagi yang puasa berlebih-lebihan dalam berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung, mencicipi makanan bukan karena kebutuhan, berbekam dan semisalnya bila melemahkannya.
Apabila telah tiba azan Magrib, orang yang puasa wajib berbuka, dan wajib menahan diri dari segala yang membatalkan berupa makan dan minum serta yang lainnya, apabila sudah nyata terbir fajar kedua.
Wajib meninggalkan dusta, gibah (mengupat), dan mencela di setiap waktu, dan pada bulan Ramadhan lebih dianjurkan.
عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي- صلى الله عليه وسلم- قال: «مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالعَمَلَ بِهِ، وَالجَهْلَ، فَلَيْسَ للهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ». أخرجه البخاري.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, ‘Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan mengamalkannya, serta kebodohan, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak perduli dia meninggalkan makanan dan minumannya.’ HR. al-Bukhari.[1]
Hukum mengecup dan bermesraan dengan istri bagi yang puasa.
Laki-laki mengecup istrinya, menyentuh dan bermesraan dengannya dari balik pakaian, sedangkan dia puasa, semua itu hukumnya boleh, sekalipun syahwatnya bergerak, apabila dia percaya terhadap dirinya. Jika ia khawatir terjerumus pada sesuatu yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta’ala berupa keluarnya mani, maka hal itu diharamkan atasnya.
عن عائشة رضي الله عنها قالت: كَانَ النَّبِيُ- صلى الله عليه وسلم- يُقَبِّلُ وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ وَكَانَ أَمْلَكَكُمْ لإرْبِهِ. متفق عليه
Dari ‘Aisyah Radhiyallahu anha, ia berkata, ‘Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengecup dan bermesraan, sedangkan beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa, dan beliau adalah yang paling bisa menahan kebutuhannya.’ Muttafaqun ‘alaih.[2]
Bagi yang berpuasa dibolehkan memakai pasta gigi serta menjaga dari menelan sesuatu darinya, dan boleh pula mandi agar dingin dari kepanasan dan haus serta seumpama yang demikian itu.
Wishal, yang boleh dan yang haram darinya.
Wishal adalah puasa dua hari atau lebih tanpa makan dan minum di antara keduanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari hal itu dengan sabdanya,
لا تُوَاصِلُوا، فَأَيُّكُمْ أَرَادَ أَنْ يُوَاصِلَ فَلْيُوَاصِلْ حَتَّى السَّحَرِ» قالوا: فإنك تواصل يا رسول الله قال: «لَسْتُ كَهَيْئَتِكُمْ، إنِّي أَبِيتُ لِي مُطْعِمٌ يُطْعِمُنِي، وَسَاقٍ يَسْقِينِ. أخرجه البخاري.
‘Janganlah menyambung puasa (wishal), maka siapa yang ingin menyambung puasa hendaklah ia menyambungnya hingga waktu sahur.’ Mereka bertanya, ‘Sesungguhnya engkau menyambung puasa, wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, ‘Aku bukan seperti kamu, sesungguhnya aku selalu ada pemberi makan yang memberi makan kepadaku dan pemberi minuman yang memberi minum kepadaku.’ HR. al-Bukhari.[3]
Orang yang puasa boleh menelan air ludahnya, dan dimakruhkan menelan dahak bagi yang berpuasa dan yang lain, karena ia kotor, akan tetapi hal itu tidak membatalkan puasa. Apabila nampak darah dari lisan atau giginya, maka janganlah ia menelannya. Dan apabila orang yang berpuasa menelannya, maka puasanya batal.
Puasa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berbukanya:
1. Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, ia berkata,
عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: مَا صَامَ النَّبِيُّ- صلى الله عليه وسلم- شَهْراً كَامِلاً قَطُّ غَيْرَ رَمَضَانَ، وَيَصُومُ حَتَّى يَقُولَ القَائِلُ: لا وَالله لا يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى يَقُولَ القَائِلُ: لا وَالله لا يَصُومُ. متفق عليه.
‘Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa sebulan penuh selain Bulan Ramadhan, dan beliau berpuasa sehingga ada yang berkata, ‘Demi Allah, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berbuka.’ Dan beliau berbuka sehingga ada yang berkata, ‘Demi Allah Subhanahu wa Ta’ala, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah puasa.‘ Muttafaqun ‘alaih.[4]
2. Dari Humaid, sesungguhnya ia mendengar Anas Radhiyallahu anhu berkata,
عن حميد أنه سمع أنساً رضي الله عنه يقول: كَانَ رَسُولُ الله- صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ مِنَ الشّهْرِ حَتَّى نَظُنَّ أنْ لا يَصُومَ مِنْهُ، وَيَصُومُ حَتَّى نَظُنَّ أنْ لا يُفْطِرَ مِنْهُ شَيْئاً، وَكَانَ لا تَشَاءُ تَرَاهُ مِنَ اللَّيْلِ مُصَلِّياً إلَّا رَأيْتَهُ، وَلا نَائِماً إلَّا رَأيْتَهُ. أخرجه البخاري.
‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak puasa dalam satu bulan sehingga kami menduga bagi beliau tidak berpuasa darinya, dan beliau puasa sehingga kami menduga bahwa beliau tidak berbuka sedikitpun darinya. Dan tidaklah engkau hendak melihat beliau sedang shalat di malam hari kecuali engkau melihatnya, dan tidaklah (engkau hendak melihat beliau) sedang tidur kecuali engkau bisa mendapatkannya.’ HR. al-Bukhari.[5]
[Disalin dari مختصر الفقه الإسلامي (Ringkasan Fiqih Islam Bab : Ibadah العبادات ) Penulis : Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri Penerjemah Team Indonesia islamhouse.com : Eko Haryanto Abu Ziyad dan Mohammad Latif Lc. Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. IslamHouse.com 2012 – 1433]
_______
Footnote
[1] HR. al-Bukhari no. 6057
[2] HR. al-Bukhari no. 1927, ini adalah lafazhnya dan Muslim no. 1106
[3] HR. al-Bukhari no. 1967
[4] HR. al-Bukhari no. 1971, ini adalah lafazhnya, dan Muslim no. 1157
[5] HR. al-Bukhari no. 1972
Artikel asli: https://almanhaj.or.id/84231-perkara-yang-dimakruhkan-yang-wajib-dan-boleh.html